Contoh Kasus :
Character A memegang sebuah benda, sebut saja kertas, terus beberapa detik kemudian character B mengambil benda tersebut dari tangan character A.. ato dengan kata lain kertasnya berpindah dari tangan A ke tangan B....
Maka yang harus kita lakukan :
Membuat 2 null baru sebagai perantara antara tangan dan kertas (aturan dari kantor) benarnya sih bisa aja langsung dari tangan ke kertas, masing-masing untuk character A dan B. Bedakan bentuk null untuk memudahkan pengerjaan.
Atur posisi kertas dengan posisi yang diinginkan
Atur supaya null a posisinya sama dengan GlobalSRT kertas
Constrain pose null a dengan tulang telapak tangan character A
Constrain pose null b dengan tulang telapak tangan character B
Kenapa harus di constraint ke tulang telapak tangan? Supaya benda yang diconstrain mengikuti posisi tangan yang berubah. Seandainya tangannya berputar bendanya juga ikut berputar mengikuti putaran telapak tangan. Bingung kah??
Gunakan Constrain pose dari GlobalSRT kertas ke nul a
Pastikan sekarang antara kertas dan tangan sudah terhubung (tidak terlepas)
Pindahkan frame pada posisi dimana character B merebut kertas
Mundur 1 frame
Gunakan Constrain pose dari GlobalSRT kertas ke null b
Buka ekspoler scene, Global SRT kertas > Kinematics > Constrain > Constrain Pose
Klik 2 kali Constrain Pose * Constrain kertas ke null a, kunci editor boxnya. Key weight blend dengan nilai 1
Klik 2 kali Constrain Pose1 * Constrain kertas ke null b, kunci editor boxnya. Key weight blendnya dengan nilai 0
Pindah 1 frame ke depan
Pada constrain pose, key weight blendnya dengan nilai 0
Pada constrain pose 1, key weight blendnya dengan nilai 1
Buka ekspresion editor (curve editor) untuk tiap weight blendnya, rubah curva ke dalam bentuk constant
TARAAA..... animasi rebut merebut kertas sudah jadi.... yeah....
#constrain di xsi :D