Monumen Nasional

Niat jalan-jalan ke monas udah ada sejak awal menginjakkan kaki kembali ke ibukota tercinta ini. Tapi ada aja yang menghalangi niat tulus ini. Sampai akhirnya, ntah kenapa gw membulatkan tekad untuk pergi ke sana. Biar panas menghadang, biar tidak ada teman yang mau menemani. SAYA AKAN TETAP KE MONAS. *hihihihihi Lebay sekali gw ini* Untung ada 2 sahabat karib gw, laura dan selvie yang mau menuruti keinginan gw ... Muach ...

Kenapa Monas?
Banyak orang yang mencibir ketika saya bilang mau ke monas. NGAPAIN KE MONAS? GAK ADA TEMPAT LAEN YANG BISA DIKUNJUNGIN APA DI JAKARTA? UDAH PANAS GERSANG GAK ADA APA-APA LAGI. Demikian kata beberapa teman yang saya ajak ke sana. Tapi kenapa gak? Monas adalah kebanggaan kota Jakarta. Orang dari luar Jakarta kalau belum pernah ke monas berarti belum pernah ke Jakarta. Gw? Ke monas cuma kalau ikut karyawisata doang. Itupun terakhir ke sana dah sepuluh tahun yang lalu.Padahal gw lahir dan dibesarkan di kota Jakarta.Dan gak terlalu berkesan apa2 ..terlalu sibuk mendengarkan penjelasan dari guidenya, demi membuat laporan karyawisata. Alasan lainnya tentu saja jalan-jalan ke Monas itu murah meriah. Gak perlu keluar duit banyak. Dan gak perlu kuatir hilang akal, membeli barang2 yang tidak perlu dibeli. Jadi tampaknya ide yang sangat menarik sekali ke Monas.

Bagaimana caranya ke Monas dengan kendaraan umum?

Cara paling mudah, tentu saja naek taksi, bajaj atau ojek. Tidak mungkin tidak ada tukang taksi, bajaj dan ojek yang tidak mengetahui letak Monumen Nasional, yang jelas-jelas berada di jantung kota Jakarta.

Cara lainnya tentu saja naik bis.
Bis umum : cari yang mengarah ke arah thamrin - kota sana - turun di perempatan pertama setelah melewati Bank Indonesia - lalu nyebrang - jalan sedikit– pager monas.
Busway : turun di halte bi ... jangan di halte monas - terus nyebrang (ambil arah ke kanan)– lurus - perempatan pertama belok kanan- pager monas

Nah kalo udah sampai gerbangnya jalan terus... Kamu bakal ngeliat kerumunan orang. Terus lanjutkan perjalanan ke arah sana. Tenang saja mereka biasanya tukang poto keliling, tidak berbahaya, malah keberadaannya sangat membantu kalau kita tidak bawa kamera dan ingin punya kenang2an poto di depan monas. Nah di daerah situ biasanya ada kereta wisata lagi mangkal .. warnanya oranye sama kuning gt, ada 3 gerbong.. 1 gerbang muat sekitar 15 orang. DAN GRATIS ... Amat sangat disarankan untuk naek kereta ini kalau mau ke jantungnya taman monas, tempat si monumennya sendiri berada.

Terus ngapain di monas?

Tujuan pertama tentu saja menemukan tempat jual tiketnya. Kalau kamu turun dari kereta wisata tadi menyebrang lah ... cari petunjuk pintu masuknya (huehehehe sama sekali tidak membantu).. intinya kamu harus turun ke bawah sebelum menemukan loket penjual tiketnya. Di sebelahnya ada pelataran terbuka gitu yang dindingnya dipasangin relief2 gitu .. sayang gak sempet ke sana buat poto2. Di depan tiket kamu akan melihat papan pengumuman yang intinya berbunyi seperti ini :

Jam buka : 09.00 – 17.00
Tiket masuk : Rp. 2500,- (sampai pelataran)
Rp. 7500,- ( terusan sampe puncak)

Hmmm .... Tentu saja beli tiket terusan sampai puncak . Jangan kaya orang susah dung ah (insert tm kecil). Hehehhehehe.. Gak gt deng, sayang aja dah capek2 muterin monas, masa ga sampai puncaknya. Selesai beli tiket, mari masuk ke lorongggggggggggg panjang. Di ujung sana kamu akan menemui penjaga pertama. Yang bertugas untuk menyobek potongan tiket kamu. Tapi tiketnya jangan kamu buang ya. Belum saatnya.

Tempat pertama atau lantai dasar monas diisi dengan diorama.Ruangaaaan ini seperti oase di padang gurun. Setelah melewati matahari yang bersinar dengan terik2nya bisa mencapai ruangan ber-ac rasanya sungguh amat sangat menyenangkan. Anyway, dulu gw gak pernah sempat memperhatikan dengan seksama isi2 diorama itu., Ternyata ... KEREN SEKALI ... Benar- benar mirip aslinya. Sempat berharap selvie supaya lamaan dikit datangnya, tapi gak enak juga sama lau nanti bosen lagi nemenin gw... Sementara gw terus terpesona ... Sangking terpesonanya sampai lupa untuk motret tuh diorama.

Setelah Selvie tiba di Monas, kami betiga langsung naik ke puncak.. Doh antriannya panjang amat. Setelah membuang waktu sekitar setengah jam, akhirnya kami tiba di depan lift. Oh ya di sini gunanya tiket yang tadi sudah disobek. Menuju lift, tiket disobek menjadi hampir setengah.

Setelah mengamati daerah sekitar. Hmmm ternyata ini toh penyebab antrian. Liftnya cuma ada satu. Dan jalannya lama sekali. Padahal cuma 3 lantai. Hehehehe, yup jarak lantai kedua sama lantai ketiganya jauuuuuuuuuuh sekali... Tapi ada hal yang amat menganggu pikiran gw waktu naik lift td... Penjaga liftnya apa gak bosen yah... Kerja bertaun2 cuma mencentin tombol lift doang. Pasti beliau sudah ahli dalam hal pencet memencet.

Akhiiiiirnya sampai juga di puncak .. Dari sini kita bisa melihat semua bagian kota Jakarta, Barat, Utara, Timur, Selatan. Walaupun begitu gw kesulitan untuk menemukan DI MANA RUMAAAAAH GW .... hehehehhe....Karena hal tersebut akhirnya gw memutuskan untuk menggunakan fasilitas teropong yang ada di sana. Untuk menggunakan teropong tentu saja kita harus bayar. Heheheh apa sih yang gak harus bayar kalau di Indo. Untuk menggunakan teropong ini selama 1 menit cukup membayar 2000 saja.

Tapi tentu saja kita tidak bisa langsung menggunakan koin ini. Karena teropong2 yang letaknya di sudut2 ruangan selalu penuh dengan orang. Akhirnya setelah antri (ya ya ya di monas budaya antri benar-benar dijalankan) .... Gw berhasil mencapai teropong itu. Segera saja gw menaruh mata gw di teropong itu. Eh kok gak keliatan apa-apa yah... Weks .. Damn... ternyata lupa naruh koinnya. Okeh masukan koin .Done. Saatnya melanjutkan hal yang tertunda tadi. Errr, kok masih gelap ya. Apa yang salah yah .. Hmm ... Liat ke atas, ternyata ada petunjuk pemakaiannya. Oalah ternyata harus didorong sampe dalam. Gw pikir cuma harus dicemplungin doang. Hmm... Done...Ok balik ke teropong. Sekarang warnanya dah ga hitam lagi udah berubah jadi putih. Weks kok putih ... Oalaaaah ternyata teropongnya madep ke awan. Setelah diturunin .. baru deh keliatan gedung2 di depannya. Nope ga ada ...ga ada yang lagi telanjang ato mandi di gedungnya. Hehhehehheeheh....

Setelah puas bermain dengan teropong dan foto2 di cawan... saatnya kembali ... dan berhubung jalan keluar cuma 1 ... kita pun terpaksa mengantri lift lagi ... hari ini penuh dengan antrian yah ... tapi kejutan ga selesai sampai situ. Sampai di lantai 2 .. weks pintunya kebuka .. dan kita disuruh keluar .. hush hush... sana sana turun pake tangga... huehehehehhee... di tengah perjalanan, eh ada pintu keluar ... eh ternyata ini kan atapnya pelataran ... ihiiy, cek jam masih ada waktu sekitar setengah jam ... boleh neh dipakai buat poto-poto.... :p

Hmmm ... puaaaaaaas .... ternyata jalan2 ke monas itu menyenangkan yah ...

Note
Lebay = berlebihan (ntah lah istilah gaul anak Jakarta yang baru gw resapi artinya setelah 3 bulan gw kembali ke Jakarta)
Diorama = Bukan, itu bukan dorama (drama Jepang),

No comments: