Relink Bitmap

[curhat] Beberapa waktu yang lalu, harus cape2 ngupadate link texture yang  hilang mulu, tiap kali ngemerge character baru di MAX . MINOR sih benernya, tapi cukup menganggu kenyamanan. Kalau ngupdatenya bentar sih ya, ga masalah, cuma kadang cukup lemot dan makan waktu sekitar bermenit-menit untuk ngelink texture lagi.

Dan berhubung belum ada tugas yang jatuh dari langit lagi, jadi tadi pagi iseng, nyari kali bisa nemu sebongkah cara, dan internet + um Google memang debest duet untuk menemukannya. Nemu sebuah script sederhana tapi sangat-sangat membantu. Thank to Collin Senner untuk script ini.

 http://www.colinsenner.com/scripts/relink-bitmaps

Cara installnya juga sangat mudah, cukup di run via max script , lalu dari customize  user interface , cukup drop dan drag dari cattegori collin script ke toolbars yang ada. Animator atau siapapun cukup mengklik icon RB dari toolbars , kasih path folder tempat texture berada, dan semua diurus script ini. 

Sejauh ini lumayan menyenangkan cukup ngepath folder tempat texture berada, relink juga ga sampai semenit, semenit, texture sudah muncul kembali. Tapi ada kelemahan lain, texture tetap missing ketika memulai scene baru dengan merge character yang sama. Tapi penyelesaiannya sebenarnya cukup mudah, cukup klik link yang tadi sudah ada di database terus klink relink, dan voila, sekitar 10 detikan, texture sudah kembali muncul.

Script ini bisa berjalan di max 2013 - 2008, dan MAX 9.


No comments: