Gerhana Kembar

Harga buku : 45 ribu rupiah
Pengarang : Clara Ng
Penerbit : Gramedia
Rating : Wajib Baca ....

Sebenarnya nga ada niat sama sekali untuk beli buku ini. Daftar buku yang sudah gw rencanakan mau dibeli ternyata malah tidak ada semua. Sementara kebutuhan membaca sudah mencapai taraf kritis, akhirnya malah buku ini yang masuk ke tas gw. Alasannya simple aja gw suka dengan covernya.

Novel ini dibuat dengan gaya paralel, khas Clara Ng, kehidupan si nenek di tahun 60 an dengan kehidupan cucunya di masa sekarang. Potongan-potongan cerita yang dirangkai secara bergantian ini membawa kita kepada kisah tentang hubungan 3 generasi yang berbeda. Dan yang membuat tambah menarik, tema yang berusaha diangkat oleh Clara, tema tentang lesbian.

Bukan tema bacaan favorit gue sebenernya. Tapi Clara berhasil membuat gw merasa penasaran. Dan membuat gw nyaman membacanya. Gw malah merasa simpati kepada nenek2 itu ketika mereka tidak bisa bersatu, ketika mereka menahan rindu tidak bisa saling bertemu. Ketika si nenek lebih memilih anak dan cucunya daripada sang kekasih. Ketika ... ketika .... err.. bagaimana, kalau baca saja bukunya ^_^


Intip sedikit bukunya :
"Ada kupu-kupu baru keluar dari kepompongnya. Pertama kali kulihat ketika tanpa sengaja aku berada di kebun belakang, menyapu tumpukan daun kering yang jatuh dari ranting pohon. Sayapnya masih basah dan dia tampak kesulitan mengeluarkan dirinya dari kepompong. Kepompong itu sudah kering, mengerut dan berwarna coklat tanah. Kupu-kupu itu tidak akan muat lagi berada di dalam kepompongnya jika dia bertahan berada di sana. Dia perlu berkembang dan terbang. Kulihat dia mengeringkan sayapnya di bawah terang matahari lalu tiba-tiba melompat terbang. Lihat, dia terbang tinggi! Luar biasa, aku terpesona. Ah, aku ingin sekali menjadi seperti kupu-kupu itu. Keluar dari kepompongku karena hati yang kumiliki semakin membesar. Kepompongku tidak akan muat menanggung perkembanganku. Aku ingin mencoba sayapku untuk terbang, dan kemudian menjelajahi aneka tanaman di bawah sinar matahari. Aku ingin mengunjungimu, terbang bersamamu, menikmati madu semanis bunga. Aku ingin sekali, sayangku."

Romantis banget kan. Hehehe ... Cuma satu yang gw sayangkan gw nga sempat mengikutinya sebagai cerbung di kompas, pasti lebih mengasyikan. Menanti tiap kelanjutannya...

1 comment:

Anonymous said...

saya suka sekali buku ini! pada dasarnya saya adalah penggemar besar clara ng! dan saya suka semua buku yang ditulis clara ng karena menyelipkan issue feminis dan kalau di perhatikan ingin mengikis yang namanya homophobia dan itu adalah sesuatu yang hebat yang jarang dilakukan pengarang lainnya! gaya penceritaannya pun pintar, ga berkesan berat tapi bermakna namun tetap sangat menghibur! gerhana kembar ini hadiah ultah dari adik saya dan ini adalah buku yang paling saya suka di tahun 2008 ini! ^_^ salam kenal

saya bikin review bukan di blog tapi di situs khusus review dan senang sekali akhirnya tentang buku ini dimuat juga di http://www.pintunet.com/lihat_opini.php?pg=2008/06/12062008/84613 ^_^