Si NPWP

Beberapa bulan yang lalu, di meja gw tergeletak formulir permohonan npwp. Sebenernya sih nga ada masalah dengan formulir itu. Cuma males aja ngebayangin ribetnya tiap taun ngurusin SPT. Makanya formulir itu nga gw balik2 in ke hrd gw. Sebulan yang lalu, setelah benar2 lupa dengan masalah npwp ini, tiba2 gw dipanggil hrd gw. Wah ada apa nih, naik gaji? Kayanya nga mungkin ... xixixixi .... Ternyata disuruh ngambil kartu npwp gw. Ih, sapa juga neh yang ngebuatin. Gw kan nga ngebalikin formulir.

Ternyata oleh accountant kantor, semua karyawan kinema didaftarkan untuk mengambil npwp. Pendaftaran NPWP memang bisa dilakukan secara kolektif oleh perusahaan. Tapi hebatnya, ternyata buat npwp cukup modal fotokopi ktp doang. Semua persyaratan dianggap sah, tanpa tandatangan kita. Gampang banget untuk ngedaftarin npwp kita. Dan terlalu gampang. Ada teman kantor gw yang sekarang punya 2 npwp, satu npwp jakarta yang lain npwp di batam. Aneh, katanya sistemnya dah online. Kenapa bisa dobel kaya begini.

Akhirnya setelah kebingungan tak berujung mengenai npwp ini, terutama soal pengisian SPT tiba2 dari kantor memutuskan untuk membelajarkan karyawan2 nya mengenai masalah pajak ini. Tadi pagi dimulai lah pelatihan pengisian SPT, yang berlangsung sekitar 1 jam setengah. Ini hasil kuliahnya Mohon dikoreksi kalau salah (maap IQ terbatas, daya tangkap jg minimalis) :

NPWP apa itu?
Nomor Pokok Wajib Pajak. Huehehehe dah pada tau yah

Sapa aja yang harus punya NPWP ?
1.Pemilik tanah dan bangunan mewah (not me)
2.Pemilik mobil mewah (not me)
3.Pemilik kapal pesiar (not me)
4.Pemegang saham (not me)
5.Orang asing yang sudah tinggal dalam jangka waktu 1 tahun di Indonesia (ini apa lagi, not me)
6.Orang yang punya penghasilan di atas PTKP (penghasilan tidak kena pajak, 12 juta/tahun atau kurang) ===> nah ini baru gw

Berapa sih pajak yang harus ditanggung ?Setelah penghasil pertahun dikurangi penghasilan tidak kena pajak (ptkp), yang itung2annya bisa kamu liat di sini , pajak kemudian dihitung secara sistem bertangga dengan itung2an seperti ini
1. Penghasilan di bawah 25 juta setahun, dapet pajak 5%
2. 25 – 50 juta setahun, dapet pajak 10%
3. 50 – 100 juta setahun, dapet pajak 15 %
4. 100 – 200 juta setahun, dapet pajak 25 %
5. 200 juta setahun, dapet pajak 35%

Jadi misalnya penghasilan kamu sesudah dikurangi ptkp bernilai Rp. 4o juta. Ini bukan berarti pajak kamu Rp.4 juta (10% dari total penghasilan) tapi kira2 hitungannya seperti ini

Pajak PPh 5% (atas penghasilan 25 juta) = Rp. 1,25 juta
Pajak PPh 10% (atas penghasilan 15 juta : dari 40 dikurangi 25) = Rp. 1.5 juta
Jadi total pajak yang harus dihitung senilai Rp. 2.75 juta

Keuntungan punya NPWP ?
1.Kalo bayar zakat di tempat yang sudah menjalin kerjasama dengan pemerintah. Zakat yang kita bayar bisa dipakai untuk mengurangi jumlah penghasilan kita.
2.Kita bisa ngeklaim fiskal yang kita bayar waktu pergi ke luar negeri.
3.Kalau mau buat ijin usaha bisa lebih mudah
4.Buat dipakai pas mo daftar rekening koran di bank
5.Buat permohonan minjam uang di bank
6.Dan orang yang nga punya npwp bakal dikenain pajak lebih tinggi 20% dari yang punya npwp.

Masa berlaku NPWP ?

NPWP berlaku sekali seumur hidup (doh kaya nikah aja)

NPWP bisa dihapus?
Bisa kalau :
1.Si pemilik NPWP meninggal dunia
2.Si wanita menikah tanpa perjanjian pemisahan harta dan penghasilan ===> ini lebih dibekukan sih kata orang pajaknya dibanding dihapus.

Kalau misalnya si pemilik npwp sekolah lagi dan tidak memiliki penghasilan, apa NPWP bisa dihapus?
Tidak, si pemilik npwp bisa melapor ke kantor pajak untuk dibekukan npwp nya sampai dia memperoleh penghasilan lagi.

Kalau perempuan pemilik npwp menikah dan ikut npwp si suami, npwp yang dia miliki bisa dihapus?
Tidak, jawaban sama seperti diatas.

NPWP bisa buat ngeklaim fiskal kan? Kalau misalnya gw pergi 5 kali ke luar negeri dalam setaun (Berarti 5juta kan). Dan pajak yang harus saya bayar jumlahnya 1 juta Berapa yang saya terima? Apa bisa diakumulasi biar nga usah bayar pajak selama 5 tahun?
Nga bisa, nanti akan dikembalikan 4 juta, Tahun depan ya harus bayar lagi.
Tapi kalo mau minta uangnya cash, harus isi formulir bla bla bla & harus diperiksa dulu "kebenaran"nya (yg mana pasti dibikin rumit)... palingan yg balik ke kita cuma 2jt dari 4jt. huhuhuhu aku jadi bingung

Kalau misalnya kerja di luar negeri, pajaknya gmn? Dobel dung. Dipotong ma pajak dr sini dan dari negara tempat kita kerja.
Iya, jika tinggal di luar negeri kurang dalam waktu 183 hari.Dan negara tersebut tidak punya kerjasama dengan Indonesia.

Kan di sini banyak karyawan kontrak. Nah kalau mereka berhenti lalu kehilangan penghasilan gmn?

Ya, lapor ke kantor pajak untuk dibekukan sementara sampai si orangnya mempunyai penghasilan tetap lagi terus lapor lagi (hayaaah ribet ribet)

Kalau nga mau punya NPWP gimana?

KENA SANKSI dung buang sampah sembarangan aja didenda pa lagi ini , maksimal penjara 6 tahun atau paling tinggi 4 kali jumlah utang pajak yang lom dibayar.

Terus kalo dah punya, ngapain?

Diliatin ... hihihihi ... berhubung npwp gw diurusin sama kantor, gw nga perlu lapor ke kantor biar npwp gw dicantumin di surat bukti potong pajak. Cukup minta surat bukti potong pajak biar bisa dilampirin di spt taunan.


Paan sih SPT?


SPT = Surat Pemberitahuan , wajib dilaporkan sama si pemilik npwp nya tiap tahun (kecuali penghasilan si pemilik npwp tahun itu tidak lebih dari penghasilan tidak kena pajak)

SPT yang bakal gw dan teman2 kantor gw pakai adalah SPT 1770, ini adalah SPT untuk wajib pajak orang pribadi. SPT 1770 ini sendiri dibagi jadi tiga :

1.1770 SS (sangat sederhana?) dipakai untuk karyawan dengan gaji maksimal 30 juta pertahun dan tidak punya penghasilan lain selain dari bunga bank, bunga koperasi dan bunga bunga yang lain.
2.1770 S (sederhana?) dipakai buat karyawan yang nga punya kegiatan usaha. (td sih pakai ini buat latihan)
3.1770 dipakai buat karyawan yang puya penghasilan dari kegiatan usaha.

Kalau telat ngisi SPT?

Denda 100 rebu (paling lambat 31 Maret)

Kalo nga ngelaporin SPT?
Dipenjara paling lama 1 tahun ato didenda paling besar 2 kali jmlh pajak (kalo tidak disengaja, alias lupa) Ato dipenjara paling lama 6 tahun, ato didenda paling besar 4 kali jumlah pajak (kalo disengaja). Lah cara bedainnya piye ya. Apa orang pajak punya alat pendeteksi keboongan.

A: Kenapa kamu nga ngirim SPT?
B :Karena lupa pak
A: Boong kamu ... saya nga percaya ... buktinya lampu ini nyala mulu... Boong kamu... Saya denda kamu 4 X jumlah pajak kamu
B :(bengong)......

Ngambil formulir SPT di mana?
Di kantor pajak ato di website pajak

Balikinnya ?
Bisa lewat pos ato datang langsung ke kantor pajak terdekat.

(session pertama berakhir)

disclaimer : tulisan ini sudah lama basi banget, untuk info terbaru bisa loncat ke mari. 

20 comments:

dians said...

good posting, thank you yaa...

ufan said...

wew... jadi animator merangkap perpajakan yah?

btw, bagus juga neh..soalnya pas kapan itu nggak ndengein karena bingung

Dria said...

dians : thanks

ufan : pas session gw mayan seru acaranya jadi ngedengerin deh gw nya

kuroisuzaku said...

hmmm .. kalo karyawan kontrak yang PPh-nya sudah dibayarkan oleh perusahaan gmn yah ngurusnya? :)

tito said...

yaa..ketemu juga blog pelaku animator. Saya juga animator mbak, cuma dari golongan miskin. Thanks info pajaknya, saya juga disuruh daftar NPWP :(

husnukusuma said...

Very nice post...
Enak dibaca. mungkin ada bakat jadi jurnalis, hehehe

seseorang said...

boss numpang tanya donk, hitungan pendapatan pertahun kita itu dimananya?

SERBA-SERBI said...

Karyawan kontrak itu sebenarnya wajib ato tidak punya NPWP? Saya baca di tempat lain, katanya tidak wajib ya?

Dria said...

kuroisuzaku : coba tanya ke perusahaannya, surat pajak yang sudah dilapor ke pemerintah untuk jadi lampiran sptnya

tito : sayah juga masih miskin kok

husnukusumah : trimakasih, masih taraf pembelajaran kok

seseorang: doh maksudnya apa ya, kok saya kurang jelas

serba-serbi : selama dia punya penghasilan di atas 12 juta setahun sih wajib punya npwp.. saya juga karyawan kontrak kok di perusahaan tempat saya bekerja

grinder said...

wkakaka...
buat yang blm tau ya.. 12 juta setahun bukan 12 juta sebulan..
sebulan 1 juta. itu mah semua org yang kerja juga pasti kudu bikin npwp. tukang sapu jg kudu bikin npwp tu..
secara tukang sapu di kantor gw gajinya 1,1 juta..

di Indonesia itu semua serba ga jelas. kenapa ga dibilang 12 juta setahun? kenapa cuma 12 juta?
uda bikin npwp aman? apa ga malah disalah gunakan data kita oleh pejabat pajak yang tidak normal (alias suka memeras org? kemana pajak kita? apa yang kita dapat dengan bayar pajak?
buat yang baca, tolong dipikirkan hal itu..
tidak ada jaminan bahwa kita tidak akan dipersulit setelah memiliki npwp

Shindu B Raditya said...

Posting bagus,... gw baru buat NPWP....trus mo ngapain :D

Anonymous said...

wkakaka...
buat yang blm tau ya.. 12 juta setahun bukan 12 juta sebulan..
sebulan 1 juta. itu mah semua org yang kerja juga pasti kudu bikin npwp. tukang sapu jg kudu bikin npwp tu..
secara tukang sapu di kantor gw gajinya 1,1 juta..

di Indonesia itu semua serba ga jelas. kenapa ga dibilang 12 juta setahun? kenapa cuma 12 juta?
uda bikin npwp aman? apa ga malah disalah gunakan data kita oleh pejabat pajak yang tidak normal (alias suka memeras org? kemana pajak kita? apa yang kita dapat dengan bayar pajak?
buat yang baca, tolong dipikirkan hal itu..
tidak ada jaminan bahwa kita tidak akan dipersulit setelah memiliki npwp

PTKP yang benar Rp 1.100.000 per bulan untuk diri WP sendiri (=Rp 13.200.000/tahun). Kalau dia kawin dapat tambahan Rp1,2jt setahun, kalau istrinya kerja di 1 tempat (sbg karyawan) dapat sendiri sebesar Rp 13.2juta tapi kalau usaha sendiri ptkp ini ditambahkan ke suami, dan untuk tanggungan (anak kandung, anak angkat, anak tiri, orang tua, mertua) yang menjadi tanggungan sepenuhnya dapat tambahan PTKP masing2 Rp1,2jt setahun maksimal 3 orang.

Kalau sudah punya NPWP dan dipersulit oleh pegawai pajak, jangan takut Pak, laporkan saja ke kring pajak 500200, pasti langsung ditanggapi dan ditindaklanjuti ke KPP ybs.

Di pajak sudah ada kode etik (ada 9kewajiban dan 8 larangan) yang sepertinya sudah mencakup berbagai aspek, juga ada pengawas intern (direktorat KITSDA) yang selalu siap bertindak apabila ada indikasi penyelewengan pegawai pajak maupun ada pengaduan dari masyarakat.

Hariyono said...

Satu lagi Pak, mulai tahun depan PTKP menjadi Rp15.840.000 setahun, kalau status kawin dapat tambahan Rp1.320.000, istri kerja Rp15.840.000, dan tanggungan maksimal 2 masing2 Rp1.320.000.

Trus, kalau yang sering ke luar negeri nih, kalau punya NPWP gak perlu bayar fiskal

Hariyono said...

maaf, tanggungan maksimal 3

Lestari said...

Terimakasih banyak :)
Informasinya sangat membantu ...

Hendra said...

"Kalau misalnya kerja di luar negeri, pajaknya gmn? Dobel dung. Dipotong ma pajak dr sini dan dari negara tempat kita kerja.
Iya, jika tinggal di luar negeri kurang dalam waktu 183 hari.Dan negara tersebut tidak punya kerjasama dengan Indonesia.


Maksudnya, klo tinggal d luar negeri (Aus) lebih dari 183, gak dipotong pajak di indo ?
Kerjasama yang dimaksud itu yg bgmn ya ?

Thanks

Naga Jawa said...

cengar-cengir gw baca nih postingan sampe garing nih gigi
padahal baca dihati, kenapa gigi bisa garing? :p

Anonymous said...

wah gimana kalo gw penghasilannya turun naik yah?

bejo said...

wah gimana kalo gw penghasilannya turun naik yah? masalahnya gw usahawan,yah namanya pendapatan itu kagak pasti kadang naik kadang turun.nah apakah gw boleh hanya melaporkan penghasilan gw yg terendah?

Anonymous said...

bagus bgt tu postingannya..
waduh gmn ya,,gw yang orang bru djkt, bru kerja jg, dgn penghasilan UMR. hrs buat juga ya..
ribet juga ya...
oh ya buat NPWP pke ktp daerah bisa g?