Pekan Suci

Disclaimer : semua info yang ada di bawah ini ditulis dengan pengetahuan pas2an tentang Katolik yang dipunyai si penulis...

#1 - Minggu Palma -16 Maret 2008

Akhirnya pekan suci datang juga. Masih teringat2 minggu palma terakhir gw di Jakarta. Kala itu, gw lagi sibuk-sibuknya jadi seksi liturgi panitia paskah. Sibuk ngebongkar-bongkar buku misa, ngecek ada yang rusak apa gak untuk dibetulin kemudian, sibuk ngitung buku misa biar kalo kurang bisa dicetak lagi, sibuk mastiin daun palma, lilin dan lain-lain dah siap untuk acara besok dan tentu saja sibuk latian buat jadi lektor (pembaca kitab suci) di misa palma. Iya bener , huehehhehe jelek2 gini gw dulu jadi lektor.

Buat gw sebagai seorang lektor, minggu palma benar2 menyenangkan. Karena pada hari ini, bacaan injil dibacakan oleh 3 lektor dan bukan oleh si pemimpin ibadat. Hihihi jarang-jarang kan. Dan yang lebih asyik, bacaan injilnya dibacain dengan cara dialog, huehehehhe berasa jadi pengisi suara sandiwara radio. Sayangnya misa di tempat gw pergi ke gereja sekarang, tidak melakulan hal yang sama. Kayanya malah nga ada bedanya sama kaya misa biasanya. Untung perarakan nya nga diilangin.

Jadi tuh ya, berhubung minggu palma di lakukan untuk memperingati saat Yesus dieluk-elukan saat masuk ke Yerusalem. Kita jg melakukan perarakan waktu si pemimpin ibadat mau masuk ke gereja. Dan biasanya waktu perarakan itu kita bawa daun palem sambil digoyang2in dan tentu tidak lupa sambil menyanyi.. Nanti daunnya diberkati oleh si romo (yang mimpin ibadat) pakai air yang sudah diberkati. Dan boleh dibawa pulang untuk dipasang di salib gegantiin daun palma taun lalu yang daunnya sudah dikumpulkan untuk dijadikan abu yang digunakan pada saat hari rabu abu. Dan taun ini gw gak bisa geganti daun palma, karena telaat ke gerejanya dan semua ini gara2 gw lupa kalau harus ke gereja jam 09.30 .. Gw pikir ke gerejanya jam 10.00... Jadi terpaksa deh semuanya nungguin gw beberes. Untung belum gw buang tuh daun palma taun lalu.

#2 - Kamis Putih, 20 Maret 2008

Benernya capeeeeeeee banget habis pulang dari bintan, mana suasana hati gw masih bete ... tapi gw belum pernah absen misa kamis putih seumur hidup gw. Lagian masa bisa seneng-seneng tapi waktu untuk Tuhan sama sekali nga bisa diluangin. Alasan lain, cuma di gereja dan di kuburan kakek gw doang, perasaan gw bener2 bisa ditenangin secara total. So, dengan semangat 45, gw akhirnya pergi ke gereja bersama Leo saja. Yang lain tidak bisa diharapkan sih ... Huehhehehe ... Pinjem Leo, ya Shin.

Misa Kamis Putih adalah awal dari tri hari suci dan event kedua dari pekan suci.Di mana hari ini adalah hari peringatan perjamuan terakhir Yesus dengan murid-muridnya. Biasanya ada acara pembasuhan kaki, seperti saat Yesus mencuci kaki murid-muridnya. Sebagai simbol untuk mau melayani setiap orang tanpa peduli statusnya. Lalu ada acara tuguran, untuk menemani Yesus, berjaga-jaga, seperti waktu Yesus ditemani murid2nya sebelum ia ditangkap di taman Getsmani. Jadwal tuguran sendiri dibagi-bagi lagi menurut kelompok wilayah di gereja tersebut. Dimulai setelah monstran, sebagai lambang Yesus dipindahkan ke ruang sakristi, atau dengan kata lain setelah misa paling akhir dari kamis putih selesai dilaksanakan. Waktu akhir dari tuguran sendiri berbeda2. Ada yang sampai tengah malam, ada juga yang sampai subuh dan dilanjutkan misa pagi. Pengen banget ikut tuguran di sini, tapi ya ampun jauh banget deh gereja ma daerah tempat gw tinggal. Dan belum tentu ada angkot buat balik. Naik taxi? ... mendingan nga usah deh. Mulai hari ini tabernakel (tempat menyimpan hosti-roti tanpa ragi sebagai simbol Yesus) dibuka . Ow iya tadi hostinya yang dipecah2 sama romonya gede banget loooh ... segede piringan hitam gitu, padahal biasanya yang dipegang romonya cuma segede piring kecil doang... mungkin buat dibagi2 ke 11 orang yang berperan jadi rasul tadi kali ya .

#3 Jumat Agung, 21 Maret 2008

Biasanya pagi diawali dengan jalan salib (14 kali jongkok bangun diiringi doa dan nyanyian untuk mengingat 14 peristiwa sengsara Tuhan Yesus biasanya sambil jalan menuju simbol2 peristawa tersebut). Lalu misa di siang hari, hampir tiap gereja memulai misa pertamanya di jam 3. Why? Karena dipercaya Yesus meninggal pada pukul 3 siang. Oh iya hari ini juga diwajibkan puasa dan pantang bagi orang dewasa. Puasa Katolik sendiri beda sama puasa orang muslim. Kalau di muslim dikenal dengan kebiasaan sahur dan buka. Sementara di Katolik cuma kenal makan kenyang 1 kali. Pantang sendiri biasanya ditentukan oleh pribadi masing2, nga harus pantang daging,garam, ato rokok. Tp lebih pada hal yang paling kamu sukai, nah itu yang dipantangi. Bagi gw, pantang lebih sulit daripada puasa. Hahahahhaa.... susah banget euy.. Dari 40 hari, gw cuma sehari doang bener2 ngejalanin pantangnya.

Hmm yang menarik dari misa di hari ini :
  • Misa diawali dengan perarakan rombongan pelayan misa dengan Romo sebagai pemimpinnya menuju altar yang mejanya bersih dari dekorasi (termasuk taplak).
  • Sampai di altar, rombongan tersebut tiarap sebagai tanda penyerahan diri dan penghormatan kepada Tuhan.
  • Lalu pada saat bacaan injil, dinyanyikan oleh para pasio. Sama aja kaya pas minggu palma, cuma bedanya ini dinyanyiin. Dulu gw hobby banget nontonin mereka latian. Seneng aja liatnya, beda sama hari-hari biasa di mana bacaan injilnya cuma dikuasai si romo huehehehehe, cuma lamanya itu loh ... untung diselingin ma nyanyian (umatnya ikut nyanyi gitu) jadi gak mayan bisa konsen dengan bener.
  • Salib-salib yang ada di gereja yang ditutup oleh kain unggu, akhirnya dibuka hari ini. Dengan upacara tentunya. Agak aneh si pas pembukaan selubung kain .. seharusnya kita berlutut sebagai tanda penghormatan. Tapi tadi di gereja nga ada yang berlutut kecuali gw. Huehehhehehe
  • Lalu ada upacara penciuman salib. Ya, salibnya dicium sebagai tanda penghormatan dan cinta kita kepada Yesus. Cuma ada 1 hal yang gw nga senang di misa kali ini, di sebelah salib yang ingin dicium ada petugas yang bawa kotak tempat sumbangan. HEEE what de maksud, masa mo nyium salib aja musti bayar. Nyium salib aja gw masih harus bertengkar dengan pikiran sehat gw, ini disuruh bayar ck ck ck . Tapi dulu ada yang bener2 nga masuk akal. Pas jaman2nya heboh flu burung, tradisi penciuman salib ini diganti dengan tabur bunga di peti mati yang ditaruh salib. Njrit apa maksudnya juga neeeh. Kok tabur2 bunga dah kaya nyembah berhala aja... Gw langsung pindah misa ke gereja yang lain waktu itu.
#4 Sabtu Paskah, 22 Maret 2008

Puncak acara dari pekan suci adalah hari ini. Dan seharusnya jadi yang paling keren, karena ada upacara cahaya. Semua lampu dimatiin termasuk altar. Dan rombongan pelayan misa masuk menuju altar dengan 1 cahaya dari 1 lilin paskah. Dan setelah rombongan sampai di altar. Lilin satu2nya yang menyala itu, mulai membagikan cahaya2nya dengan bantuan para misdinar... mulai dari pinggir tempat duduk terus menyebar ke sebelahnya. Indah banget kalo diliat dari atas. Makanya biasanya gw milih duduk di blankon atas (kalo gerejanya punya) supaya bisa menikmati keindahan ini.

Terus biasanya ada baptisan malam ini, dan pengulangan janji baptis... tp tadi nga ada satupun janji yang bisa gw jawab. Susah euy ngejalaninya. Kalo cuma jawab ya saya berjanji. Ya emang gampang. Tp begitu liat maknanya dem... susah banget buat ngejalaninya. Karena gw ragu bisa ngelaksanain ya akhirnya gw nga jawab.

Bacaan dari kitab suci sendiri di misa hari ini adalah yang terbanyak dari seluruh misa sepanjang tahun liturgi. Kayanya sih harusnya ada 7 bacaan yang dibacain hari ini, peristiwa2 penting dalam kitab suci mulai dari terbentuknya bumi (Kejadian) sampai wafatnya Yesus di Kayu Salib (Injil). Tapi tadi yang dibacain cuma 5 doang, untung yang dinyanyiin cuma 1.. berabe deh kalo semuanya, kaga pulang gw malem ini. Huehehehhehe... Sisanya sih hampir kaya misa biasa aja. Kecuali kalo sepertinya ada keinginan dari panitia untuk menyanyikan apa yang bisa dinyanyikan. Dan itu bikin misanya berjalan lama sekali... sekitar 3 1/2 jam an. Sampe cape banget. Sampe cape nulis blog ini. Akhir kata Happy Easter, friends.

No comments: