Sie Jin Kwie

Dua minggu yang lalu, sebuah email dari seorang teman masuk ke inbox gw. Ternyata ajakan nonton "Sie Jin Kwie", produksi ke 119 nya teater koma dalam rangka menyambut ulangtahunnya yang ke 33. Dan beruntungnya diri gw, semuanya diurus dia, thaaanks San :D. Termasuk mendapatkan posisi tempat duduk favourite di blankon. Sayang dirinya lupa bawa jaket, sehingga harus mengigil dan merusak sedikit kenyamanan dalam menonton. Hei, ga ada orang yang bisa ngecilin dinginnya ac yah? Untuuung ada zuppa soup penyelamaat, lumayan bisa menghangatkan badan.

He, tunggu tunggu apa itu Sie Jin Kwie?
Sie Jin Kwie adalah cerita klasik orang Cina yang ditulis oleh Tiokengjian pada abad ke 14, yang kemudian diedit oleh Lokoanchung, pada jaman dinasti Ming. Kisah Sie Jin Kwie sendiri masuk ke Indonesia pada 1894 dan kemudian dijadikan komik pada tahun 1952. Yang kemudian disadur dengan dialog2 segar penuh dengan humor, kata2 anjing dan bangsat :D oleh M.Riantiarno.

Terus? Emang apa ceritanya???
Alkisah Kaisar Tan bernama Lisibin bermimpi. Dalam mimpinya dia ditolong seorang pria berbaju putih bernama Sie Jin Kwie. Sang raja rela melakukan apa saja untuk bertemu sang penolong dalam mimpinya. Panglima tentara kerajaan Thio Su Kwie tidak mau melewatkan kesempatan ini, dan mengajukan menantunya yang merupakan satu2nya orang berpakaian serba putih di kota kerajaan. Namun Raja menolak usul tersebut, dan tetap memutuskan untuk menerima Sie Jin Kwie.

Sie Jin Kwie sebenarnya hanya pemuda biasa yang kehilangan orangtuanya pada masa kecil. Dan kemudian menghabiskan seluruh warisannya untuk belajar ilmu silat. Sie Jin Kwie kemudian melamar ke pasukan Tan. Namun diusir 2 kali oleh Thio Su Kwie. Dengan alasan yang mengada2 (nama dan baju yang dikenakan Sie Jin Kwie). Tapi takdir memang berkata lain, walaupun Thio Su Kwie berusaha sekeras mungkin menolak kehadirannya, Sie Jin Kwie tetap berhasil masuk menjadi bagian dari pasukan Tan, walaupun sebagai Juru Masaknya saja.

Di dapur, bersama teman2nya, ia membentuk Pasukan Dapur Tang atau yang kemudian disebut PD-Tan. Pasukan ini begitu berjaya, dan segera meraih ketenaran, karena banyak berjasa dalam perang melawan Kerajaan Kolekok yang rajanya diikhianati oleh panglima perangnya.

Sie Jin Kwie ala teater koma
Yang cukup mengejutkan gw, di pertunjukan ini bertebaran kata2 bangsat dan anjing (mana banyak yg bawa anak2 kecil), yang membuat gw langsung teringat pada kampung gajah2 yang kata2 tersebut juga banyak ditemukan di sana kalau ada topik atau orang bodoh yang terdampar di kampung kejam tersebut. :D ... Ok cukup membicarakan kampung tercinta. Dialog-dialognya cukup menyenangkan, banyak humor tersimpan di dalamnya, tanpa merusak jalan ceritanya. Akting2 pemainnya juga bagus, jaminan mutu teater koma, cuma ada satu pemain yang tampaknya lupa sejenak bagiannya.

Tariannya, tata panggungnya, musiknya, kostumnya kereeeeen banget ... cuma yang ga bisa berhenti di pikiran gw cuma ini butuuuuh berapa besar budgetnya. Visualisasi yang terasa sangat sederhana kalau dibandingkan dengan ini saja butuh biaya sekitar 20 an jutaaa dan itu dah ditunjang dengan seabrek sponsor. Hohohohohohoho

Jangan lupa bahwa ada beberapa cerita di pertunjukan ini yang dikemas dalam wayang tavin untuk menghemat durasi. Indah banget, bener2 bikin terpesona, semuanya dianimasikan dengan indah. Ide mengabungkan wayang tavin dalam teater benar2 berhasil :D. Dan saat-saat di mana, para pemain teaternya bergaya ala wayang tavin, ketika si dalang muncul dan mulai bercerita. Jeniiiiiiiiiusss .... :D

Cuma ada satu yang bikin bingung, di dalam cerita, Sie Jin Kwie membebaskan seekor naga yang kemudian menjadi panglima kerajaan Kolekok, tapi si panglima ini sudah muncul sebelum Sie Jin Kwie membebaskan sang naga. Apakah naga itu masuk ke dalam diri si panglima atau bagaimana. Hmm apa gw melewatkan sesuatu dalam ceritanya yah... *bingung

[Bonus] Beberapa photo yang bisa diambil (senangnya boleh motret, asal ga pake blitz :D)

suasana saat rapat bersama kaisar

Wayang tavin yang mempesona

Raja Kolekok berduka atas kematian anaknya

Sie Jin Kwie bertarung dengan panglima Kolekok

Sie jin kwie bertemu dengan dewi Kwuan Im

Sie Jin Kwie bersama pasukan PD-Tan nya

Sie Jin Kwie bertemu kaisar Tan

si dalang yang memukau :D

trimakasih teater koma sudah memberikan pertunjukan yg sangat menarik :D

------------------------------------------------------------------------------
Pertunjukan Sie Jin Kwie dilaksanakan dari tanggal 5-21 Februari 2010, hari senin libur
Pukul 19. 30 - 00.30, Graha Budaya Taman Ismail Marzuki

HTM Weekdays (Selasa-Rabu- Kamis):
Rp. 100.000, Rp. 75.000, Rp. 50.000, Rp. 30.000
HTM Weekend (Jumat-Sabtu- Minggu):
Rp. 150.000, Rp. 100.000, Rp. 75.000, Rp. 50.000

Informasi Tiket :
(tidak terima pemesanan via SMS ataupun e-mail)
Suntea 0816 1190 953, Ayu 0817 6589 639
Jl. Cempaka Raya No. 15 Bintaro, Jaksel, 12330, 021 7350 460, 021 7359 540
Jl. Setiabudi Barat No. 4, Jakpus, 021 522 4058, 021 529 63 603
Taman Ismail Marzuki, Jakpus, 021 3193 4740, 021 3193 7325

1 comment:

gitaditya said...

eh mbak, kalo mau nonton teater lagi ajak ajak saya dongs... sudah lama ga nonton teater.. :D