#31hari-9: Migren?

Selama ini yang gw tau, migren itu berarti sakit kepala sebelah. Tapi tadi setelah mencari2 di google, kenapa area leher yang deket rambut dan telingga ini sakit sekali seperti2 ditusuk, ternyata hal tersebut bisa dikategorikan sebagai migrain.
Migrain (migraine) berasal dari kata hemikrania. Untuk jenis penyakit ini ada dua jenis, yaitu migrain biasa yang terjadi secara perlahan-lahan. Akibatnya, denyut nyeri di pelipis atau di belakang telinga, yang berlangsung selama 2 sampai 72 jam.
Jadi setelah tau apa penyakitnya, maka tentunya akan lebih mudah untuk mengobatinya. Dari sini, migrain ternyata ada beberapa solusi. Mari kita rangkum :
  • Untuk mereka yang jarang kambuh, cukup minum obat. (biasanya ini yg gw lakukan)
  • Berangkat tidur dan bangun pada waktu yang sama (susah, mengingat tidur gw gak tentu)
  • Olahraga teratur (teratur kok, kan olahraga tiap sabtu pagi)
  • Jangan menunda makan (kalau dah kerja kadang makan pun males)
  • Kurangi stress dengan relaksasi ( I wish)
  • Batesi konsumsi kafein (impossible, gw rasa gw udah kecanduan kopi dan teh)
  • Hindari cahaya terang dan berkedip (hmmm pake kacamata item kalo ngadep layar komputer?)

No comments: