Mystery of Batavia & Mural cantik

Taukah kalian akan mural (lukisan dinding) nan cantik yang berada di dalam museum fatahillah? Gw yang beberapa kali bolak balik ke sana, sama sekali tidak mengetahuinya. Sampai ... sampai tadi siang, ketika mengikuti "Mystery of Batavia" bersama teman-teman gw.

Wah lokasinya di mana?
Lokasi muralnya sendiri memang agak terpencil, kalau dari pintu masuk, ambil pintu di sebelah kanan, menuju halaman, lalu bergeraklah ke arah kanan, masuk ke dalam gedung berpintu merah, di sanalah mural tersebut berdiri, menyambut kedatangan tiap tamu dengan warna-warni yang ceria, walaupun kenyataannya mural ini belum selesai.

Weleh, muralnya digambar siapa?
Mural ini digambar oleh seorang maestro, Harijadi Soemadidjaja, atas permintaan dari Ali Sadikin, gubernur legendaris kota Jakarta, di sekitar tahun 1974. Kabarnya mural ini di sketch di dinding dengan pensil (tapi apa bener dengan pensil?) . Mural ini mengambarkan kehidupan masyarakat kota batavia di sekitar tahun 1880 hingga 1920 an. Mulai dari pesta mewah para pejabat tinggi kota batavia, keadaan pasar saat itu, sampai adegan hukuman mati.

Awalnya gw pikir mural ini baru ditemukan setelah berpuluh2 tahun tersembunyi di dalam sana, terdiam dan terkunci rapat di dalam ruangan tersebut. Setelah Harijadi harus menerima kenyataan pahit bahwa mural tersebut tidak bisa diselesaikan. Karena kondisi dinding yang amat buruk, terlalu lembab terlalu banyak mengandung air laut, hingga cat tidak bisa menempel pada dinding tersebut.

Loh bukannya mural tersebut tidak bisa diselesaikan, karena Harijadi keburu meninggal dunia?
Hmm mural tersebut berhenti diproduksi sekitar 35 tahun yang lalu. Sementara Harijadi meninggal dunia pada tahun 1997, 14 tahun yang lalu. Silakan menyimpulkan sendiri.

Lalu, lalu ?
Tapi ternyata, pada awal 2009, seorang teman gw pernah masuk ke dalam ruangan mural ini. Hmm .... Gw kesel sih waktu denger ini, bukan, bukan kesal pada pihak promosi Mystery of Batavia, yang menanamkan di pikiran gw, kalau ruangan ini benar2 baru ditemukan lagi tahun lalu, tapi kesel karena gw baru tau ada ruangan ini, kesel pada diri sendiri, padahal sudah bolak balik ke sana. Kesel, kenapa ga dari dulu kenalan sama mural ini ... :P

Beberapa gambar lain dari mural ini :





Wah bisa moto juga ya di sana, apa tidak merusak muralnya?
Kemaren sih diperbolehkan oleh panitia acara, selama tidak memakai flash.

Lalu mystery of batavia sendiri apa sih?
Hmm ... sebuah proyek seni yang cukup ambisius dari para seniman Indonesia dan Inggris ( tim Lopian dan tim British Council) berdasarkan mural tersebut. Mereka secara tidak sengaja menemukan kamar ini pada saat mereka sedang mengerjakan video mapping di museum fatahillah tahun 2010 lalu.

Acaranya ngapain aja ya? Liat mural doang?
Ya tentu tidak lah, acara pertama yang mereka melakukan adalah mengulang kesuksesan video mapping taun lalu pada tanggal 12 Maret lalu (sebal, ketinggalan yang ini juga).

Lalu dilanjutkan oleh pertunjukan Interactive Animated Performance, pertunjukan yang meramu (menggabungkan) antara seni computer graphis, seni pertunjukan teater (didukung oleh teater koma) dengan interaksi dari para penontonnya. Kebetulan temen gw kemaren menjadi salah satu yang beruntung mendapat kehormatan untuk ikut berpartisipasi di sana.

iki yudha, ditangkep tapi malah cengegesan :P

Animasinya sendiri sih tidak terlalu istimewa, hanya mengandalkan 2 pose utama yang dipakai secara bergantian seperti wayang, tapi setelah diramu dengan yang lain, menjadi pertunjukan yang menyenangkan untuk dinikmati. Like them !!!

Wah kapan itu??
Mulai dari tanggal 13 Maret - 15 Mei 2011
Setiap hari SABTU pk.16.00 - 20.00 dan hari MINGGU pk. 10.00 -14.00 ... persetengah jam sekali .. Tiap kali pertunjukan cuma dibatasin 50 orang . Jadi kalau kamu ga kebagian, yah nunggu lagi di pertunjukan berikutnya. Saran nih, kalau kamu pergi rombongan, mendingan langsung pesan ke ibob26@yahoo.com (mas bob). Biar dapet tiket edisi kolektor, dan biar ga ngantri tiket tentunya.

He? Pake tiket??? Bayar berapa?
Tenang, gratis kok, tapi tentu saja bayar tiket masuk ke museum fatahillah, abis itu antri deh sesuai dengan jam yang ditentukan, di depan tempat pertunjukan.

Selain itu ? Selain itu????
Tenang .. tenang, projectnya ga akan selesai di situ aja. Akan ada komik digital sebanyak 13 episode yang dibuat secara kolaborasi dari empat tempat yang berbeda (London, Malang, Bandung dan Jakarta) . Tiap episode akan muncul, setiap hari jumat, sejak pembukaan event ini. Semuanya bisa kamu baca secara gratis, di official web nya. Hmm... tapi ada versi cetaknya ga ya.. Ya ya saya memang kuno. Tapi membaca komik, seperti halnya membaca buku tetap lebih nyaman membaca versi cetak dibanding digital.

Anyway, websitenya sangat menarik untuk dibaca-baca. Apalagi artikel2 tentang sejarah ibukota. Membawa kita terlempar ke masa lalu untuk mengintip keadaan Batavia pada masa itu. Menyeramkan, menegangkan membuat tersenyum, sambil sedikit berkhayal bagaimana hidup di jaman tersebut, membuat gw semakin jatuh cinta dengan kota ini. Semoga semakin banyak artikel yang dimuat di sana. :)

Lalu ... yang paling menarik nih, dan yang paling gw tunggu-tunggu. Bulan Juni nanti, kataanya bakal ada pemburuan harta karun secara live, jadi kita ga cuma jadi penonton dan pembaca doang, tapi beneran bisa ikut mecahin misteri harta karunnya.. Ngebayanginnya aja dah seru. Cuma kok lom ada berita2 tentang ini ya. Semoga .... semoga.. ga ketinggalan acaranya lagi, kalau memang ada.

Amiin

No comments: