[JATENG TRIP] First Touch Down - Solo part 1


- stasiun balapan di pagi hari :) -

Solo menjadi tempat tujuan awal kami memulai trip ini. Selain tentunya ingin melihat produk dari calon terkuat gubernur Jakarta, ya siapa lagi kalau bukan Jokowi Widodo, gubernur Solo saat ini.

~ gede banget ya trotoarnyaa ~

~bersantai sejenak di pinggir city walk ~

Dalam bayangan gw, Solo adalah surga untuk pejalan kaki di Indonesia. Tapi saudara-saudara, ternyata salaaah banget dung. Ketika sedang enak2nya menikmati trotoar yang lebar di sepanjang jalan Slamet Riyadi, tiba2 wooooosh ada sepeda motor melewati trotoar. Tapi bukan hanya motor saja yang ingin menikmati, becak pun ikut berjalan di atas trotoar ini. Hmm, tampaknya memang tidak ada tempat nyaman untuk berjalan kaki di Indonesia ini. #lebay

Dan dalam bayangan gw yang lain, Solo surga untuk angkutan massal di Indonesia. Namun kenyataan memang kadang tidak seindah bayangan yang kita punya. Mari kita telusuri transportasi umum di Solo, selain angkot dan becak :
  • Batik Trans Solo : bentuknya seperti trans Jogja, dan memang jumlah haltenya lumayan banyak (saat ini ada sekitar 35 halte, rencananya akan ditambah menjadi sekitar 51 halte), tapi jumlah bisnya sepertinya tidak mencukupi, jarak interval kedatangan sekitar 1 jam (ada jam penunjuk kedatangannya juga), mungkin masalah ini juga yang menjadikan BTS sepi peminat. Rute bisa dilihat di sini, karena belum ada sistem tiket, penumpang membayar di dalam bis, biaya sekitar Rp.3000,- untuk umum dan Rp.1500,- untuk pelajar. 
  • Railbus Batara Kresna, yang namanya sempat beredar belakangan ini di facebook, untuk mendongkrak popularitas Jokowi, ternyata hanya memiliki jadwal yang amat sangat amat terbatas, yang amat disayangkan tidak pas dengan jadwal kami.
    • Stasiun Purwosari - Sukoharjo  ~ pukul 06.08 , tiket Rp. 10.000,-
    • Sukoharjo - Yogyakarta , tiket Rp. 30.000,-
    • Sukoharjo - Stasiun Purwosari ~ pukul 07.48 , tiket Rp. 10.000,-
    • Stasiun Purwosari - Stasiun Tugu Yogyakarta ~ pukul 09.58, tiket Rp.20.000,-
    • Stasiun Tugu Yogyakarta ~ Stasiun Purwosari ~ pukul 14.15, tiket Rp.20.000,-
  • Bis Tingkat Werkudara, yang menjadi primadona Solo Carnival kemarin, juga urung kami naiki. Kenapa? Karena , bis ini HANYA beroperasi pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur saja. Padahal tiketnya lumayan murah, sekitar 20 ribu rupiah perorang. Di luar hari tersebut, bis ini tentu saja bisa dicarter dengan biaya 800 ribu untuk 3 jam atau 250 ribu per jamnya. 
  • Dan angkutan masal yang paling ingin gw naikin, Sepur Klutuk Jaladapara , ternyata sama seperti Werkudara, cuma beroperasi di hari Sabtu, Minggu dan hari Libur saja. Tiketnya sekitar 150 ribu rupiah per orang, atau 75 ribu rupiah untuk anak-anak. Dengan jalur dari Stasiun Purwosari ke Stasiun Sangkrah. 
Angkutan-angkutan ini tampaknya tidak terlalu menarik bagi penduduk kota Solo sendiri, dan akhirnya malah kehilangan tujuan awalnya (kecuali yang gw sebut terakhir) dan pada akhirnya murni jadi atraksi wisata semata di hari Sabtu, Minggu dan hari Libur lainnya. Untuk soal angkutan umum massal, gw tetap masih merasa paling nyaman dengan angkutan umum di  Jakarta. Hei, dilarang protes !!

~Vian di depan kantor TIC~

Waktu merencanakan tempat-tempat yang akan kami kunjungi di Solo, beberapa website amat sangat menolong, di antaranya http://solo.yogyes.com/ dan blognya mengakubackpacker. Tapi yang paling banyak menolong ada para staff yang ada di Kantor Pariwisata Surakarta. Pelayanan yang sangat hangat dan sangat membantu, memberikan semua informasi yang kami butuhkan. Kalau kamu ingin berjalan-jalan seputar Solo, dan tidak tau tempat-tempat yang ingin kamu kunjungin. Kantor yang terletak di sebelah taman sriwedari ini, wajib kamu kunjungin pertama kali, sebelum memulai menyusuri Surakarta. Oh iya, semua informasi diperoleh dengan GRATIS dan CEPAT !! Sesuatu yang harus dicontoh oleh tiap pegawai pemerintah di Ibukota. 

1 comment:

Kusumastuti Dyah said...

duh sayang banget werkudara cuma bisa sabtu minggu. tp wktu itu sy pernah liat bis itu di jalan pd hr biasa karna udh keburu nyalip jd gak liat dia bw penumpang atau gak. thanks ya cukup mbantu