[JATENG TRIP] Jogjakarta Day 2 | Candi Borobudur


~ beberapa sudut dari Borobudur & tentu saja maskot kami tidak lupa foto di depannya ~

Keesokan paginya, di saat tenaga sudah terisi kembali, kami memutuskan untuk kembali menjalankan niat kami untuk berbackpekeran, Menuju ke candi yang merupakan salah satu keajaiban dunia ini, kami menggunakan, jasa angkutan TRANS JOGJA. Berbeda dengan trans solo, trans jogja ini benar-benar terpakai sesuai fungsinya. Dan berbeda juga dengan trans jakarta, trans jogja bisa dibilang lebih canggih, kartu langganannya benar-benar memberikan keuntungan besar pada pemilik kartu.

Rute yang diambil untuk menuju candi borobudur, berangkat dari malioboro, di halte terdekat, naik bis jurusan 3A, berhenti di halte Ahmad Dahlan, lalu ganti bis jalur 2B turun di terminal Jombor. Setelah naik bis 2b, kamu bisa tidur dulu, perjalananya lumayan jauh soalnya.

Di terminal Jombor, kamu cari bis yang ke arah Magelang. Tiketnya sekitar 12 - 20 ribu, tanyain satu2 saja ke keneknya sebelum duduk manis di bis. Turun di terminal Borobudur. Dari situ, kamu jalan kaki saja, tidak terlalu jauh kok. Apalagi banyak turis mancanegara yang juga jalan kaki menuju borobudur. Hitung2 napak tilas juga. Ntah napak tilasin apa.

Harga tiket masuk : Rp.30 ribu rupiah untuk turis lokal, Dan untuk turis manca negara $20 (mahaal ya boo) dan $10 dan Rp.12.500 untuk anak-anak.

Sebelum kamu keliling, sebaiknya mampir sebentar ke pusat informasi untuk mengambil brosur, dan menonton film tentang Borobudur, akan sangat membantu kamu untuk memahami Borobudur (cukup hanya membayar kurang dari duapuluh ribu). Kami memang menggunakan pemandu, tetapi gw berapa kali menghilang. Karena keasikan mengagumi relief - relief di Borobudur, dan akhirnya tertinggal sendirian.


Naik Borobudur sekarang berbeda harus pakai sarung batik booo, tapi jangan khawatir  gratis kook. Cukup dipakai sebelum memasuki area candi dan dilepas ketika akan meninggalkan area candi. Sayang candi Borobudur, sejak gempa Jogja tahun 2006 masih ada beberapa area yang belum selesai direstorasi. Jadi ada  1 lantai yang tidak bisa dimasuki sama sekali. Huhuhuhuhu.. Semoga restorasinya cepat selesai ya.