Fantasy and Me

Jadi singkat cerita, gw ikutan salah satu kursus di coursera, yang kebetulan mengajari dasar2 art. Pelajaran formal tentang seni terakhir yang gw dapat itu waktu jaman smp, hampir 15 tahun yang lalu (wah kamu sudah tua ya dri), dan itupun hanya selewat saja.  Dan ya, assignment pertamanya bertema Fantasy and Me. Dikarenakan harus bikin essai juga untuk gambar yang dibuat ini, sekalian lah bikin postingan di blog ini.

1. Seperti apa proses pembuatannya  ?
Karena pekerjaan rumah yang dilakukan tidak boleh dikerjakan secara digital, maka ini saatnya membuat prakarya, sesuatu yang sudah ditingalkan berabad-abad lalu. Huuuft ...
Pertama-tama tentu dibuat dulu sketsa kasar.  Beneran kasar karena sampai hari kedua pembuatannya, gw belum juga mendapatkan ide mau diisi apa, bulatan yang di tengah. 
Kedua bikin warna backgroundnya, pake spidol bikin bintang-bintang dan titik-titik ga jelas berwarna hitam di atas langit orange. Lalu untuk bajunya, waktu jaman TK dulu pernah dung mencacah-cacah kertas lalu menempelnya di atas kertas ? Nah kenangan masa kecil duluan itu sepertinya menyenangkan kalau diulang di project ini.

Ketiga setelah melamun sepanjang perjalanan di Trans Jakarta kemarin, akhirnya kepikiran juga mau naruh apa di buletan itu. Digambar dengan cat air dan spidol hitam, mahluk kecil ini dilindungi plastik yang diwarnai cat poster biru dan dipegang oleh tangan dari kertas hitam.
Keempat setelah tangannya ditempel, saat menempel lengan bajunya. Menggunakan sisa cacahan dari proses kedua. Terakhir tempelkan wajahnya yang juga dibuat dari kertas hitam. Voila, akhirnya selesai juga prakarya kita kali ini.

2. Cerita atau Pesan apa yang ingin disampaikan?
Nama gw Adria yang somehow berarti hitam (walaupun kakek gw yang memberikan nama ini tidak pernah mengartikan nama gw seperti itu) dan ya kulit gw juga mengarah ke hitam. Dan seperti tiap manusia yang ada di dunia ini, gw memegang sesuatu ke mana-mana sepanjang hidup ini. Sesuatu yang sangat berharga.  Seperti yang sudah gw sebut sebelumnya, butuh waktu lama buat menentukan apa yang ingin gw bawa-bawa. Keluargakah, temankah atau pekerjaankah? Tiba-tiba saja terlintas di pikiran, selama ini gw terlalu nyaman memegang hati ini, tidak pernah terpikirkan untuk membaginya dengan orang lain juga. Mungkin suatu hari, gw akan terbangun dari kenyamanan ini dan siap memberikannya ke orang yang memang juga mau gw berikan. Wogh, nulis apa kamu dri. Ya, gitu deh.

3. Mengapa gw membuat ini? Apa yang diharapkan dari orang yang melihatnya?
Pertama tentu karena ini pekerjaan rumah dari coursera wkwkw. Tapi serius, pengen bikin sesuatu aja yang berbeda dari semua yang gw buat sebelumnya. Bermain dengan bermacam-macam media, menggulang masa kecil, sambil merefleksikan sesuatu di dalam diri gw. Sebenarnya gw tidak suka memberikan penjelasan tentang cerita yang ingin disampaikan. Biarlah itu terlihat absurd untuk mereka yang melihatnya. Absurd yang bisa dinikmati tentunya, semoga. 

--------------------
Hasilnya gw cuma dapet 19 dari 25 .. semangat semangat ... huft huft
peer 1 → I have marked your work mostly as 'Satisfactory' because although you have explained your concept behind the work, it is not completely clear visually as to what you wanted to convey with this arrangement. Perhaps focusing more on conveying the main message behind the artwork will help your audience to better understand your idea and appreciate your artwork. The collage technique you have chosen to use is very interesting and has been executed with acceptable skill, reflecting your basic understanding of the elements of art, and displaying an interesting pattern with the effective repetition of small torn pieces of paper. I encourage you to continue practicing and exploring the concepts behind your work and keep working on your ideas to find the best way to convey it through more practice, brainstorming and visual imagery, which will certainly move you forward and help you to improve.
peer 2 → Thanks for sharing your personal memories and feelings from your childhood - they are really special, provoking emotions. I like the center part, where a child is. IMHO, the surrounding area looks not suitable. I would choose the other color or technique. It takes too much space from the main part(a child).
peer 3 → I think the photo is a bad one, the first one is not capturing your whole piece, so I felt like I needed to see more, or at least the rest of your piece. Although is a very good idea.
 

No comments: