[JATENG-TRIP] Jogjakarta Day 3 ~ Candi Prambanan

Udah setahun lebih, akhirnya baru sempet nerusin lagi, kisah perjalanan ini. 

Akhirnya tiba juga menyampaikan selamat tinggal ke kota gudeg. Candi Prambanan merupakan tujuan perjalanan akhir sebelum melangkahkan kaki ke Gunung Dieng. Di sini pula, kami berpisah dengan salah seorang teman yang kembali lagi ke Jogjakarta. 

Untuk menghemat waktu perjalanan, kami menyewa mobil lewat hotel tempat kami menginap. Tapi kalau kamu pengen naik bis kota, kamu bisa mengunakan Trans Jogja rute 1A yang akan mengantar kamu ke Terminal Prambanan. Letaknya tidak jauh dari situ, bisa ditempuh dengan berjalan kaki. 


Candi Prambanan merupakan kompleks candi hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad 9 masehi oleh Rakai Pikatan, Raja Mataram Kuno pada jaman itu. Nah candi ini dipersembahkan untuk Trimutri ~ Brahma Wisnu dan Siwa ~ tiga dewa utama orang hindu. Tapi karena nama asli kompleks candi hindu ini adalah Siwagrha atau Rumah Siwa, Siwa menempati ruangan candi paling besar di kompleks ini. Yang sayangnya tidak bisa kami masuki, karena masih dalam restorasi akibat gempa tahun 2006 dulu. Ratusan candi pratawa di deretan depan kompleks masih tergeletak runtuh belum tegak berdiri lagi. 

~ reruntuhan candi yang belum dibangun kembali ~






alunan musik yang tadinya berisi gamelan jawa, 
berubah jadi lagu2 masa kini yang sedikit merusak mood



Untuk tiket masuk 
Lokal : Dewasa IDR 30.000 Anak-anak IDR 12.500
Foreigner Adult USD 18 Student USD 10 
Jam Buka 06.00 - 17.00
-------------------------
Dan ya, kami sedikit bermain di antara bebatuan ini, maap ya para Dewa...







No comments: