Si Bibi

Hudehel si bibi ini? Well, si bibi adalah penjaga kebersihan di kuburan keluarga gw (sebenernya sih cuma ngurusin 3 kuburan doang : kuburan nenek buyut gw, engkong gw dan ibu angkat bokap gw. Eh tapi ini udah bisa kan dibilang kuburan keluarga kan)

Berhubung gw dan seluruh keluarga gw tidak tau siapa nama aslinya (ck ck ck ck padahal dia ini dah ngebantuin keluarga gw sejak jaman engkong gw masih hidup), jadi mari kita sebut saja dia dengan pangilan kesayangannya, si bibi. Gw sendiri jarang berkomunikasi sama si bibi ini, abis dia gak bisa bahasa indonesia, dan cuma bisa bahasa sunda. Lah bahasa sunda gw cetek pisan cuma ngerti sebatas nuhun dan kasep doang ... Jadi agak males aja kalau harus ngomong sama dia (males mikir maksudnya).. Tampaknya itu juga berlaku dengan saudara2 gw. Alhasil dia lebih banyak berkomunikasi dengan bokap, tante dan om gw yang emang fasih bahasa sundanya.Walaupun dia selalu muncul setiap kali kami melakukan ziarah, tapi kehadirannya tidak pernah menganggu. Kami tetap melakukan kegiatan ziarah dengan normal (berdoa, tabur bunga dan nongkrong di kuburan - loh kok).

ziarah

sementara si bibi menjalankan tugasnya ... ngepel, ngepel dan ngepel .... huehehehe enggak lah.. cuma kebetulan hari itu tidak banyak yang harus dikerjakan, tapi biar terlihat rajin di depan bo-nyok gw ... padahal gak perlu segitunya deh.. hehehehhe

si bibi

Anyway kehadiran si bibi ini, amat sangat membantu, suasananya kuburan yang bersih membuat kita nyaman berlama2 di sana (loh kok).. huehehhehe maksudnya kalau selama ini kuburan penuh dengan anggapan banyak pocong, kuntilanak dan saudara2nya, berkat si bibi suasana seperti itu gak ada... Kegiatan sehari2 dia menyapu, mengepel, merawat tanaman dan menyiangi ilalang yang tumbuh di sekitar kuburan atau di kuburan itu sendiri. Perbedaan kondisi kuburan yang terawat dan tidak terawat bisa terlihat di sini :

kuburan

Si bibi tidak sendirian mengurus kompleks pemakaman (tentu saja), ini terlihat dari banyaknya orang yang mengikuti dia waktu melayani kami selama ziarah.

temen2nya si bibi

Untung jarak mereka dengan kami lumayan jauh, bukan gimana-gimana ...tapi lama-lama gerah juga kalau diliatin, diikutin terus. Berasa jadi selebritis padahal bukan sapa2.. Hihihi... Eh tapi mereka ga bermaksud jahat atau gimana2 kok cuma berbuat seperti itu supaya dapet recehan aja. Gw sih ga pernah ngasih, bonyok gw tuh yang terlalu baik hat, sayangnya sikap baik hatinya itu ikut andil dalam menciptakan tradisi gak sehat ini.

5 comments:

saman said...

kasih lah... sudah dirawat juga

szack said...

iya betul...kasih la..lo gaji milyaran pelit amat ya!!

mang Ohle said...

kok ga ada penampakan ??? ga seru ah..

Dria said...

saman : lah ngasihnya ma ke si bibi aja ...

szak : zzzz ... lagi jadi pengangguran neh

mang ohle : mungkin ada kalau malam2 kali ya

Anonymous said...

I am about to buy a iPhone but it has a broken sleep button. Does anyone know how to fix that? Thanks!



________________
[url=http://unlockiphone22.com]unlock iphone[/url]