Panjat Pinang / Klimmast/ Mast Climbing

Kalau kata wikipedia sih Panjat Pinang itu buat melecehkan bangsa Indonesia.
Panjat pinang berasal dari zaman penjajahan Belanda dulu. lomba panjat pinang diadakan oleh orang Belanda jika sedang mengadakan acara besar seperti hajatan, pernikahan, dan lain-lain.yang mengikuti lomba ini adalah orang-orang pribumi. Hadiah yang diperebutkan biasanya bahan makanan seperti keju, gula, serta pakaian seperti kemeja, maklum karena dikalangan pribumi barang-barang seperti ini termasuk mewah. sementara orang pribumi bersusah payah untuk memperebutkan hadiah, para orang-orang Belanda menonton sambil tertawa. tata cara permainan ini belum berubah sejak dulu. Bisa dibayangkan kondisi pada masa penjajahan, sementara warga negara Indonesia bersusah payah dengan berlumuran keringat, para Penjajah Belanda dan keluarganya tertawa terbahak bahak melihat penderitaan Bangsa Indonesia. Dan mungkin saat ini, ketika perayaan 17 Agustus, mereka masih tertawa terbahak bahak, menyaksikan bahwa budaya yang mereka buat dengan tujuan melecehkan Bangsa Indonesia, ternyata justru di lestarikan.

 foto boleh nyipet dari sini

Tapi ya, gw kok susah mencerna hal ini. Panjat pinang masuk ke Indonesia dibawa oleh orang Belanda, lewat permainan yang mereka sebut sebagai Klimmast, yang merupakan perlombaan untuk para anak lelaki belanda. Dan biasanya diadakan pada saat hari raya besar, semacam Queens Days. Penjelasan lebih baiknya, bisa kamu liat di sini. Sementara kalau versi mast climbingnya, awalnya olahraga untuk membangun fisik para pelaut di jaman dahulu kala.Penjelesan lebih lengkapnya mending kamu baca di sini deh.
"The climbing of the mast is far more challenging [than pole climbing], for the surface is smooth and the hands cannot go around it. Here, it is most necessary to have performed well on elementary exercises [gripping with legs and thighs]. This activity is known, by the way, in several areas of Germany and Europe as an amusement for the general public." Johann Friedrich GutsMuths
Buat gw sendiri, panjat pinang itu menyenangkan untuk dilihat. Bukan karena biasanya mereka bertelanjang dada. Tapi melihat mereka menyusun strategi, bekerja sama supaya ada satu orang yang berhasil naik ke atas sana, dan orang tersebut membagi kemenangan untuk bersama. Tuh kan, gw ga melihat jeleknya permainan ini. Yang berhasil naik sampai atas senang, yang nonton pun ikutan senang. Nah ini beberapa jepretan gw di perlombaan panjat pinang, waktu Carnaval 17an kemarin di Monas.

No comments: