[Paspor-Part 3] Drama di Imigrasi Jakarta Barat

note : Well bukan drama yang gimana-gimana sih.. cuma gw aja yang melebih-lebihkan.

Jadi begini, sesuai dengan aturan yang ada di papan itu, maka gw tiba di Imigrasi Jakarta Barat tepat jam 3. Deg-deg an, takut ditolak lagi. Sambil harap-harap cemas, gw kasih lah kertas untuk pengambilan paspor. Lalu ...
Petugas : *setelah mencari di tumpukan map, Wah belum ada nih mbak, kayanya masih diperiksa.
Gw : Heeee?? Tapi kan Pak, janjinya satu hari lagi. Saya ga mungkin ambil cuti lagi, Pak.
Petugas : Coba deh mbak tanyain langsung aja ke Pak Hanip untuk lebih jelasnya.
Gw : Oh ruangannya di mana pak?
Petugas : Itu mbak, masuk ke gedung itu.
Dengan lemas, gw pun menuju gedung tersebut. Mencari-cari orang yang bernama Pak Hanip. Setelah ketemu, ternyata ada seorang Bapak yang bernasib sama seperti gw. Dan tidak lama dateng sepasang kekasih yang juga bernasib sama. Jadi kaya ngeroyok si Pak Hanipnya. Maap ya pak.
Pak Hanip : Iya nih bu, karena ada kendala jaringan kemarin. Jadi baru bisa ngelarin hari ini.
Gw : Terus gimana pak? Tapi bisa kan pak hari ini? Saya ga mungkin cuti lagi pak :(
Pak Hanip : Sebentar ya Bu, namanya siapa? Biar saya cek dah sampai mana.
Gw : *gw kasih lah bukti surat pengambilan.
Pak Hanip : Oh udah di validasi kok ini
Gw : *LEGAAA yeaaah
Pak Hanip : coba tunggu 15 menit - sejam lagi deh

Petugas lain yang ada di situ : Emang udah di sms, bu?
Gw : He? Di sms? Gak kok belum.
Petugas : Biasanya kalau udah selesai, nanti kita SMS.
Gw : *speechless, lah ini stempel yang tertulis di surat itu harusnya diganti, tunggu kami sms bukan paspor bisa diambil 1 hari lagi. 
Pada saat itu gw lupa kalau jam 4 loket pengambilan ditutup, Setelah menunggu sekitar 20 menitan, majulah gw ke loket, bapak-bapak petugas yang ramah tadi, diganti sama ibu-ibu bertampang jutek.
Gw : Menyodorkan surat pengambilan.
Ibu-ibu bertampang jutek : Belum ada di sini.
Gw : Yah bu, tadi saya disuruh ngecek lagi 15 menit lagi.
Ibu-ibu bertampang jutek : Ya dibilang ga ada, ga percaya banget sih. Lagian buat apa saya bohong, buat apaan ngumpetin.
Gw : Kira-kira kapan ya bu.
Ibu-ibu bertampang jutek : Dibilang ga ada susah banget sih, balik aja besok lagi
Gw : *speechless bercampur jengkel, sekaligus panik karena udah mau jam 4, loket sebentar lagi ditutup. LU KIRA SEMUA ORANG BISA BEBAS AMBIL AMBIL CUTI *dalam hati tentunya
Akhirnya gw pun nyamperin Pak Hanip lagi bersama seseorang yang bernasib sama tadi.

Gw : Pak, kok belum ada ya?
Pak Hanip : *kaget* Loh,udah kelar kok saya ngerjain yang kemarin. Berarti masih di meja ekspedisi. *sambil menunjuk meja di depannya, yang kosong tak ada orang. 

setelah terdiam beberapa saat, tiba-tiba nonggol Bapak yang ngurusin ekspedisi..

Bapak itu : Ya udah ditunggu aja, nanti dikirim ke sana
Orang yang bernasib sama seperti kita : Tapi bentar lagi tutup pak loketnya.
Gw : Iya pak, bisa kan hari ini? Masa harus cuti terus pak *dengan wajah memelas.
Bapak itu : Ditunggu aja ya.

Jadilah kita nunggu panik di depan loket.10 menit lagi loket ditutup. Lom ada tanda-tanda kalau ada yang dikirim. Tiba-tiba Pak Hanip nyamperin kita, "Boleh minta suratnya, biar dibantuin nyari." Dengan penuh harapan, berpindahlah surat pengambilan tersebut.

Menunggu dan menunggu, tiba-tiba salah seorang yang sama nasibnya itu bertanya ke gw, "Udah punya surat untuk pengambilan paspor lamanya?. "He, belum pak," kata gw. "Itu beli dulu," sambil menunjuk ke arah tukang fotokopi.

Wah penjaga fotokopiannya dah siap-siap aja mau tutup.
Gw: "Mas, tunggu bentar mas. Bisa dibuka lagi ga pintunya. Saya mau beli formulir untuk pengambilan paspor lama sama materai 6ribunya.
Penjaga toko : Yah mbak udah tutup nih.
Gw : Yah mas, tolong ya mas .
Penjaga toko : Ya udah deh. Nih mbak
Gw : Berapa mas jadinya?
Penjaga toko : 7500 *njrit mahal pisan
 Gw : Nih mas, makasih ya mas
Hmmmpft.. untuk masih kekejar. Tapi kok pak Hanifnya ga dateng-dateng, udah tinggal 5 menit lagi. Si ibu-ibu judes itu aja udah melangkah keluar, pulang. Dan bapak-bapak penjaga loket yang satunya, udah mulai ngunci2 brankasnya. *panik
Pas tinggal 3 menit lagi, kalau nunggu waktu berjalan lambat banget ya, dateng pak hanip ditemani bapak-bapak ekspedisi itu.

Akhirnya.. akhirnya.. akhirnyaa... proses penyerahan paspor bisa berjalan. Akhiirnya saudara-saudara, saya punya paspor baru. ^^ Makasiiih ya Pak Haniiip

No comments: