[Paspor-part2] One Day Service itu berbeda dengan Same Day Service

Dua minggu setelah penolakan dari Imigrasi kemarin, gw akhirnya mengumpulkan keberanian untuk mengajukan lagi (padahal mah karena dua minggu kemaren deadline kerjaan kantor cukup ketat),nah kali ini tentunya membawa paspor lama gw. Kali ini, gw tidak kembali ke Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, karena ingin mencoba pelayanan One Day Servicenya Imigrasi, yang gosipnya satu hari jadi. 

Uji coba pelayanan ini hanya dilakukan di Kantor Imigrasi Jakarta Barat dan Imigrasi Jakarta Pusat. Pilihan hati jatuh ke Kantor Imigrasi Jakarta Barat yang lebih terjangkau dengan rute busway.

Bagaimana cara ke sana?
Naek bis Trans Jakarta koridor 1 (Blok M - Kota), turun di Halte Kota, keluar ke arah museum fatahillah. Nah letak Kantor Imigrasi ini persis di sebelah museum seni rupa dan keramik, ga jauh dari museum fatahillah. Kalau males jalan dan takut tersesat, bisa naek ojek sepeda biaya kira-kira Rp.5000,- .



Nah begitu di halaman kantor imigrasinya, kamu langsung lurus ke belakang, belok ke kiri, paling pojok, ada loket pengurusan One Day Service. Berbeda dengan pelayanan paspor normal, yang mementingkan siapa yang duluan datang, dia yang dilayani. Untuk One Day Servicenya, antrian dilakukan secara manual, baris berbaris. Tapi karena kita semua pintar dan tidak mau terlalu lama berdiri, kira-kira jam 8 kurang 5 menit, antrian baru mulai terbentuk. Loket pelayanan baru dibuka jam 8.

~ masih tutup ~

Sampai di loket antrian ternyata dung, harus ngisi manual lagi data-data yang udah disetor secara online. Oh iya, link pendaftaran online untuk Kantor Imigrasi Jakarta Barat dan Pusat emang berbeda. Nah kamu bisa daftar lewat sini.  Mungkin karena masih uji coba, sistemnya belum seoke yang udah ada.Tapi kamu bisa ngambil formulir itu di loket yang berhadapan dengan loket pengecekan data.

Nah setelah kamu mengisi formulir secara lengkap, kamu balik lagi ke loket yang tadi. Setelah lolos tahap ini, nanti formulir dikembalikan setelah dicap oleh petugasnya. Lalu kamu masuk ke ruangan yang ada di sebelah kiri. Nah di sini kamu ambil nomer untuk pembayaran dan wawancara serta photo. Untuk mereka yang ngisi online, harus ngikutin waktu sesuai dengan jadwal yang dipilih. Jadi kalau misalnya kamu pilih pelayanan jam 8.30-09.00 dan kamu dateng jam 8.25, kamu harus tunggu dulu 5 menit lagi. Sux banget kan. Nah setelah ngisi data di mesin, si petugas akan ngasih tau, kamu dapet nomer berapa. Lalu mulai deh menunggu dipanggil di ruangan yang ada di sebelah kanan. Panggilan pertama untuk bayar biaya pelayanan. Biaya sama, 255 ribu untuk perpanjangan paspor biasa dan 655 ribu untuk e-passport.

Setelah dari kasir nanti kamu disuruh masuk ke ruangan yang di sebelah kiri. Nunggu untuk wawancara dan foto. Nah nanti ketika wawancara kamu akan melewati dua orang, dan 1 orang untuk foto.Setelah itu pulang. Loh kok pulang? Katanya one day service? Yeah rite, menurut mereka one day service itu selang sehari jadi, bukan same day service saudara-saudara. Dan di bukti tanda terima itu boo... ada capnya, paspor diambil setelah 1 hari kerja. Jadi besok harus kembali lagi, jam 3-4, sesuai jam buka loket pengambilan untuk paspor one day service. :(

Padahal kalau menurut papan gede yang terpampang di atas loket ONE DAY SERVICE itu, ada tulisan paspor bisa diambil pukul 15.00 - 16.00. Yeah rite, makan tuh papan, dri.

2 comments:

Unknown said...

Thanks very much for your nice info... ^^

Mellyani Susanti said...

Thanks very much for your nice info... ^^