Persiapan Menuju Negeri Sakura ~ Membeli Japan Rail Pass

Transportasi di Jepang itu superduper mahal kalau dipikir-pikir, termasuk soal kereta apinya. Tapi kata temen yang kebetulan tinggal di sana, harga yang mahal itu terbayar dengan ketepatan waktu kedatangan dan keberangkatan keretanya kok.  Setelah menimbang-nimbang dan berhitung selama beberapa bulan, akhirnya, kami memutuskan untuk membeli JRP untuk menutupi kurang lebih 80 persen biaya transportasi kami di sana nanti.

Apa itu JRP? 
JRP atau Japan Rail Pass adalah kartu pass yang dikeluarkan oleh perusahaan kereta JR yang hanya diperuntukan untuk wisatawan dengan pemegang visa untuk short term visitor saja atau untuk orang Jepang yang sudah lama tidak tinggal di Jepang. Dengan menggunakan JRP kamu bisa keliling Jepang dengan naik kereta,bis dan ferry dari perusahaan JR, dan shinkansen kecuali Nozumi dan Mizuho Lines sampai muntah. Kamu juga bisa menggunakan JRP untuk kereta non JR dengan rute haneda-hamamatsucho (tokyo monorail) dan aoimori railway. 

JRP punya dua macam jenis tiket ordinary dan green (semacam vipnya)
Tipe
Ordinary
Green
Durasi
Dewasa
Anak-anak
Dewasa
Anak-anak
7 hari
28,300 YEN
14,150 YEN
37,800 YEN
18,900 YEN
14 hari
45,100 YEN
22,550 YEN
61,200 YEN
30,600 YEN
21 hari
57,700YEN
28,850 YEN
79,600 YEN
39,800 YEN

Karena perjalanan gw di sana ga sampai 7 hari, jadilah gw beli JRP yang ordinary 7 hari.

Jadi belinya di mana? 
Buat kita di Indonesia, ada beberapa pilihan. Kalau kamu di luar jakarta, kamu bisa melakukan pemesanan online saja lewat sini. Pengiriman akan menggunakan fedex tapi, dengan biaya pengiriman sebesar 19 dollar. Atauuuu lewat JALAN tour juga bisa kok, pengiriman akan dilakukan 3 hari kerja. Dan untuk kamu yang berada di Jakarta dan sekitarnya, yippie, kita sedikit beruntung, karena JALAN tour *travel agentnya JAL air menjual pass ini. Dengan harga resmi yang sama.

JALAN Tour tuh di mana ya? 
Jalan tour letaknya ada di wisma keiai lantai 3, Sudirman Jakarta. Jam bukanya dari Senin - Jumat pukul  08.30 - 17.00. Atau hari Sabtu pukul 09.00 - 13.00. Gampang kok ke sananya. Posisi gedungnya ada di sebelah kiri halte dukuh atas 1, kamu keluar halte yang ke arah thamrin. Langsung keliatan kok gedungnya.


Bagaimana cara belinya? 
  1. Pertama-tama tuker dulu uang rupiah kamu dengan yen. Seriusan!! Lakukan ini. Kenapa? Karena ratenya JALAN tour agak tinggi. Perbandingan, gw nuker di sarinah, yang benernya udah mayan tinggi, tp gw agak males nyari2 di sekitaran sabang karena waktu itu masih hujan. Ngecek dr bca, rate yang ditawarkan oleh money changer sarinah masih masuk akal. 1 JPY = Rp.117,- *padahal di google, Rp.116,- boo. Sampai di JALAN tour lebih shock lagi, krn rate beli di mereka 1 JPY itu Rp.120,- kan mayan banget selisihnya kalau belinya sampai 60.000 yen.
  2. Jangan lupa bawa passport kamu yang udah ada visa jepangnya. Buat nunjukin, kalau kamu emang berhak untuk beli JRP. Langsung deh ke counternya. Nanti petugasnya akan memberikan bukti pemesanan berupa voucher dan buku saku sekilas tentang JRP.
    voucher yang nanti ditukar dengan pass yang benernya
    buku saku yang ga muat di saku
  3. Yang harus kamu perhatikan, JRP ini masa berlaku vouchernya sama kaya visa kamu, 3 bulan dari waktu diisued. Tapi masa berlaku JRPnya sendiri, sesuai dengan durasi JRP yang kamu beli dari hari kamu nukernya. 
  4. JRP juga tidak bisa dialihkan loh, jadi cuma berlaku dengan nama yang tertera di voucher dan di passport pada saat nukerinnya. 
Oh iya, kalau kamu beli JRP di Jalan Tour ini, kembalian di bawah nominal 1000 akan diconvert ke rupiah. Yang ratenya agak bikin sakit hati, 1JPY = Rp.112,- Huhuhuhuhu.

1 comment:

kevin gunawan said...

Hi, sepertinya sudah naik sedikit ya harga JR Pass sekarang, tetapi saya kemarin beli di Kenikura tour lebih murah dari tour lain. semoga membantu

Thanks